Edukasi Berkendaraan Aman di Car Free Day

Foto: Humas Polres Blora

Berkendara dengan zig-zag menjadi salah satu materi di safety riding yang digelar Satlantas Polres Blora, Minggu (3/2/2019).

Minggu, 03 Februari 2019 18:48 WIB

BLORA (OTOwarta)—Satlantas Polres Blora tak henti memberikan edukasi berkendara aman kepada warga. Edukasi diharapkan mampu meminimalisir kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Minggu, (3/2/2019), di hari bebas berkendaraan di Alun-Alun Kota Blora, Satlantas Polres Blora menggelar Samsat keliling, sekaligus digunakan untuk safety riding kepada warga yang hadir.

Warga yang hadir pun diberikan pengetahuan tentang bagaimana cara berkendara yang aman di jalan raya.

"Dimulai dari bagaimana mengenakan helm yang seharusnya, lalu teknik pengereman, kemudian bagaimana melewati jalan yang sempit, dan kami juga memberikan gambaran apa penyebab banyaknya kecelakaan yang terjadi," kata Kepala urusan bina operasi (KBO) Satlantas Polres Blora, Iptu Markus, Minggu.

Salah satu materi yang membuat warga tertarik adalah melintas di jalan yang sempit dengan pembatas traffic cone, dan bermanuver di belokan tajam. Materi ini termasuk salah satu materi yang diujikan saat permohonan surat ijin mengemudi.

"Saya jadi tahu begini to salah satu ujian yang harus dilewati ketika ingin mengajukan SIM," kata Heri Purnomo, salah seorang warga yang ikut dalam materi tersebut.

Iptu Markus mengatakan, di safety riding yang digelar tersebut pihaknya juga menyajikan banyak kebiasaan buruk pengendara yang bisa berakibat fatal. Beberapa kebiasaan buruk pengendara motor yang memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas digambarkan dalam beberapa foto.

"Beberapa di antaranya adalah berkendaraan sambil menelepon, bermain game, memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi, berjalan zig-zag, juga mengendarai motor meski masih di bawah umur. Melalui kebiasaan buruk pengendara motor yang memicu kecelakaan itu, kami ingin mengedukasi masyarakat akan pentingnya safety riding," jelas Markus. (*)